Social Icons

Friday, November 22, 2013

Komputer Tidak Bisa Booting

Gejalanya tidak ada suara beep tanda error atau berhasil booting, monitor gelap gulita, tetapi kipas CPU dan led indikator menyala.

langkah-langkah mencari solusi dengan cara
1. Matikan power (aliran listrik) PC tersebut dengan cara melepaskan kabel power.
2. Buka casing PC dari samping.
3. Secara hati-hati, lepaskan seluruh komponen kecuali CPU, yaitu RAM (Memory), Graphic Card,PCI Card (LAN Card, Sound Card, dll), CD/DVD ROM/RW dan Harddisk.
4. Jika anda memiliki Graphic Card, saat melepas jangan lupa lepaskan juga konektor VGA atau DVI dari slot pada Graphic Card dan pasang kembali ke slot Internal Graphic Card.
5. Reset konfigurasi motherboard (cek buku manual motherboard Anda atau lepaskan baterai, hidupkan dalam keadaan terlepas, matikan power lalu pasang kembali baterai).
6. Pasang kabel power dan hidupkan kembali PC Anda.
7. Setelah beberapa langkah di atas, jika motherboard normal, Anda akan mendengar bunyi beep dari motherboard, tetapi jika motherboard bermasalah maka tidak akan terdenger bunyi apapun (dengan syarat speaker motherboard terpasang).
8. Matikan power kembali, lalu pasang satu persatu mulai dari RAM, Graphic Card, PCI Card, CD/DVD ROM/RW dan Harddisk.
9.   Setelah memasang satu komponen, hidupkan kembali PC Anda.
10. Jika bunyi beep terdengar, berarti normal dan lanjutkan memasang komponen lainnya, jika tidak, lepas komponen tersebut, ganti dengan komponen lain dan ulangi langkah ini.
11. Jika saat memasang RAM, PC anda malah berbunyi beep terus-menerus dan temponya agak cepat, cobalah untuk mengecek RAM tersebut. Anda bisa membaca post saya mengenai Memory PC tidak Terdeteksi.


Lanjutkan terus hingga semua komponen terpasang kembali sehingga komponen yang rusak akan segera ditemukan. jangan hanya dibaca ya... praktikkan ke PC anda yang mengalami masalah serupa... jika ingin belajar, jangan takut... selamat mencoba !!

No comments:

Post a Comment

kalo ada yang kurang jelas silahkan berkomentar bro...